Mengenal Lebih Dekat Dengan Panel ATS Dan AMF

Selain dilengkapi dengan komponen penting di dalam sebuah generator juga terdapat berbagai macam panel. Di mana terdapat 2 yang sangat familiar yaitupanel ATS dan AMF. Namun faktanya kedua panel tersebut memiliki perbedaan.
Apa Itu Panel ATS Dan AMF?
Panel ATS sendiri merupakan rangkaian panel kontrol listrik yang memiliki fungsi utama untuk mengendalikan dua sumber aliran listrik. Di sini para pengguna juga tidak perlu khawatir lagi karena panel genset ini telah terbukti aman untuk dipakai.
Pada dasarnya panel ATS ini sangat direkomendasi untukdigunakanoleh industri, pabrik, rumah dan kantor yang menginginkan sistem keamanan saat terjadinya perpindahan sumber aliran listrik utama menuju sumber lainnya secara alternatif. Selain itu panel Automatic TransferSwitch ini juga memiliki fungsi layaknya genset yaitu mencakup sumber listrik utama dan mengontrol suplai listrik ketika sumber PLN tidak dapat berfungsi.
Sedangkan untukAutomatic MainFailuresendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan panel ATS. Di mana fungsi dari panel ini lebih mengontrol kepada beban pada saat terjadi gangguan sumber listrik.Biasanya motor-motor yang terdapat di pabrik akan dikontrol menggunakan panel AFM.Meskipun panel ATS dan AMF memiliki fungsi yang sama. Namun faktanya terdapat perbedaan yang mendasar diantara keduanya yaitu bagaimana cara untuk mengontrol suplai listrik.
Panel ATS sendiri terdiri dari switch yang sengaja dikontrol untuk memindahkan suplai listrik. Umumnya panel jenis ini telah dilengkapi dengan proteksi terhadap overload pada saat melakukan switch beban. Dengan begitu membuatnya nyaman dan aman ketik a digunakan dalam waktu yang lama.Meskipun begitu panel Automatic main failure diyakini memiliki fungsi kontrol yang lebih baik dalam memastikan kontinuitas dari suplai listrik dengan cara mengaktifkan generator kedua sebagai backup.
Dikarenakan keduanya memiliki fungsi saling melengkapi maka tidak heran jika banyak penyedia jasa panel listrik yang mengkombinasikannyamenjadi panel ATS- AMF. Di mana nantinya panel yang dihasilkan itu fungsinya akan disesuaikan untuk keperluan kontrol yang ada di dalam pabrik.
Perlu diketahui bahwa di dalam dunia produksi supply listrik termasuk hal utama yang wajib dijaga kontinuitasnya supaya proses produksi tidak terhambat menimbulkan kerugian untuk perusahaan.Oleh karena itu untuk menunjang hal tersebut di dalam pabrik sangat dianjurkan memakai panel ATS.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *