Teknik Memasang dan Mengganti AVR Alternator Pada Generator Set

Automatic Voltage Regulator atau disebut juga dengan AVR alternator merupakan sebuah komponen kelistrikan yang terdapat pada mesin generator set. Tugas dari AVR ini adalah sebagai pengatur tegangan arus listrik yang keluar dari mesin genset. Mesin genset yang berkapasitas diatas 2500 watt biasanya dilengkapi dengan AVR ini. Untuk mesin genset dibawah 2500 watt menggunakan kapasitor yang  fungsinya sama untuk mengontrol tegangan arus listrik.

Fungsi dari AVR alternator ini akan bekerja secara otomatis dalam membuat stabil frekuensi tegangan listrik pada mesin genset pada saat digunakan. Tegangan arus listrik pada genset akan dikeluarkan melalui mesin AVR sebelum menuju ke colokan steker. Pada AVR, tengangan arus lisrik akan dikontrol yang mana akan disesuaikan dengan pengaturannya. Dengan begitu, tegangan dari arus listrik yang dikeluarkan oleh genset ini bisa sangat stabil.

Apabila rpm pada mesin yang digunakan sebagai penggerak mengalami penurunan, maka AVR alternator akan segera menaikan tegangan listrik yang dikeluarkan. Apabila rpm mengalami kenaikan  maka AVR akan menurunkan tegangan listrik pada mesin genset. Dari penjelasan tersebut tentu saja bisa disimpulkan jika AVR secara otomatis akan membantu dalam memberikan kestabilan terhadap tegangan listrik pada genset.

Pada beberapa kasus yang terjadi pada mesin genset yang sudah dilengkapi dengan AVR alternator adalah tengangan listrik yang tidak keluar. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan daya listrik yang overload yang mana sudah melebihi kapasitas dari mesin genset. Sehingga AVR ini akan mudah terbakar dan tegangan listrik yang dikeluarkan dari generator yang menuju colokan steker genset akan terhenti, sehingga Anda perlu melakukan pergantian AVR yang sudah rusak.

Perlu nda ketahui jika AVR alternator ini letaknya berdekatan dengan generator. Maka dari itu, untuk bisa mengganti AVR ini Anda hanya perlu membongkar cover generator saja. Ini dia caranya

  1. Lepas cover generator pada genset dengan cara membuka pada bagian baut mengucinya. Anda bisa menggunakan kunci 8 mm. Anda juga bisa menggunakan baut dengan kepala obeng plus
  2. Lepaskan AVR alternator dengan cara membuka baut penguncinya. Setelah itu, lepaskan konekan yang sudah terhubung pada AVR
  3. Setelah terlepas, pasang AVR yang baru. Kemudian pasanglah kabel pada jalurnya masing-masing. Untuk kabel yang arahnya menuju carbon brush, jangan sampai salah menghubungkan ya. Biasanya ada tanda plus pada kabel AVR.
  4. Setelah terpasang dengan benar, cobalah untuk menghidupkan genset. Apabila berhasil dan tegangan listrik keluar, maka matikan kembali mesin genet dan pasang kembali cover generatornya.