5 Langkah Perawatan Pada Mesin Genset Open

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya genset open? Genset ini banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan sehari-hari disaat terjadinya pemadaman listrik. Selain banyak digunakan, jenis genset ini juga sangat terkenal mudah dalam perawatannya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat genset tipe open, yaitu

  1. Pemeriksaan kapasitas komponen

Perawatan pada genset open terbaik yang pertama adalah memastikan dan meriksa semua komponen dalam keadaan baik. Anda bisa memeriksa pada beberapan bagian seperti pada tangki, oli, dan ketersedian air radiator.  Jika ada komponen yang kurang, maka segeralah tembahkan dan perbaiki. Setelah itu Anda bisa menguji dengan menjalankan genset.

  1. Memastikan kondisi mesin dalam keadaan sehat

Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan kondisi mesin masih dalam keadaan baik. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyalakan mesin geset dan lakukan pengamatan pada bagian sekitar mesin. Jika ada suara yang mengganjal, maka itu menujukan ada komponen mesin pada genset open yang sedang bermasalah.

  1. Perikas Output genset

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memasangkan amperemeter dan voltmeter pada genset open. Setelah itu, catatah hasil dari output tersebut menggunakan kedua alat tersebut. Pastikan harus sesuai dengan buku manual.

  1. Bersihkan pada bagian dalam genset

Pada dasar genset tipe open ini adalah jenis genset yang didesain agar mudah dalam perawatannya terutama untuk dibersihkan pada bagian dalamnya. Anda harus selalu membersihkan bagian dalam mesin genset ini agar tetap dalam kondisi bersih. Hal bertujuan agar mesin genset tidak mudah mengalami kerusakan.

  1. Tempat mesin genset di tempat yang tidak lembab setelah selesai digunakan

Sama dengan jenis genset lainnya, genset open ini tidak boleh ditempatkan pada tempat lembab. Hal ini bertujuan untuk memperkecil timbulnya jamur pada genset yang tentunya jika dibiarkan akan merusak semua komponen mesin pada genset. Selain itu, bisa membuat mesin mudah aus . Jadi, usahakan jangan menaruh genset pada tempat yang terlalu lembab.

Tagged : /