Awet dan Tahan Lama, Yuk Simak 3 Cara Perawatan Genset Portable

Agar suatu mesin lebih awet dan tahan lama, tentu perlu dilakukan pengoperasian dan perawatan yang baik pada mesin tersebut. Hal ini tentu juga berlaku pada mesin generator set, baik itu tipe genset portable maupun genset dengan tipe lainnya. Berikut cara perawatan yang tepat, agar mesin generator set mampu bekerja dengan optimal.

Cara Perawatan Mesin Generator Set

1. Lakukan Pengecekan Umum

Salah satu cara dalam merawat genset yaitu dengan selalu melakukan pengecekan umum secara berkala. Cara perawatan satu ini terbilang cukup mudah, dan dapat dilakukan sendiri apapun jenis generator set yang anda miliki baik itu genset portable maupun genset diesel dan lainnya. Sebab pengecekan umum dilakukan dari fisik sebuah mesin generator set tersebut.

Pertama tama, mulai dari berbagai komponen bagian luar dari mesin. Seperti bersihkan bagian bagian mesin yang terkena korosi, mengeringkan bagian yang terkena percikan air, memeriksa panel system start, memeriksa tutup tangki bahan bakar, dan beberapa bagian luar lainnya. Pastikan fisik mesin generator set anda dalam keadaan baik, dan tidak perlu penggantian.

2. Lakukan Perbaikan

Cara Perawatan Mesin Generator Set

Umumnya semua mesin apapun jika digunakan secara terus menerus, maka akan mengalami aus baik itu semua komponennya, atau beberapa di antaranya. Bahkan untuk genset yang sudah lama tidak digunakan, maka mesin perlu diaktifkan dalam kurun waktu 3 atau 6 bulan sekali. Hal ini berlaku untuk semua tipe genset, baik itu genset silent maupun genset portable.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemacetan dari genset, dan menjadi salah satu upaya perbaikan. Apabila ada bagian yang tidak dapat berfungsi dengan baik, segera cek apakah komponen tersebut perlu diganti atau hanya membutuhkan perbaikan skala ringan saja. Untuk perbaikan sistem kerja pada genset portable atau lainnya, maka membutuhkan tenaga ahli.

Perlakuan di atas merupakan cara merawat mesin generator set, agar genset dapat bekerja optimal dan memiliki umur panjang. Ingat bahwa penggantian dan perbaikan spare part mungkin memang sudah tertera di buku manual, meski begitu sebaiknya anda membawa ke service center alih alih melakukannya sendiri. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *